Profil Kim Jong nam

Profil Kim Jong Nam, Apakah Dibunuh Oleh Adik Tirinya Sendiri, Kim Jong Un?

KumpulanProfil.Com – Kim Jong Nam merupakan anak dari Kim Jong Il, dimana Jong Il juga ayah dari pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un. Jadi Kim Jong Nam dan Kim Jong Un merupakan saudara yang memiliki hubungan darah walaupun berebeda ibu, mereka masih memiliki Ayah yang sama. Banyak fakta menarik dari Jong Nam, maka dari itu mari kita bahas Kronologis, fakta menarik, biografi Kim Jong nam dan Profil Kim Jong Nam.

Kronologis Kematian Kim Jong Nam

Kim Jong Nam dinyatakan telah tak bernyawa lagi ketika petugas Bandara mengantarkan Jong Nam ke Rumah Sakit Putra Jaya. Sebelumnya Jong Nam sudah mengeluh kesakitan pada petugas Bandara sebelum memasuki imigrasi.

Ketika meninggal, Jong Nam masih menggenggam passport beratas namakan Kim Chol, pria kelahiran Pyongyang, Korea Utara, 10 Juni 1970. Pakar Politik dari Korea Utara yang sekarang menetap di Washington mengatakan bahwa Kim Chol adalah nama lain dari Kim Jong Nam.

Kim Jong Nam meninggal di Bandara Internasional Kuala Lumpu 2 sebelum ia ingin pergi ke Macau. Dugaan sementara ini, Jong Nam diserang ketika ia sedang berbelanja di kedai dalam Bandara.

Untuk pelakunya atau cara membunuhnya sendiri masih belum dapat dipastikan. Ada yang mengungkapkan bahwa Jong Nam di seka menggunakan kain yang beracun. Ada pula yang menugnkapkan Jong Nam dipegang lalu disuntikkan racun ke tangannya.

Untuk pelakunya sendiri, sampai saat ini sudah ada 4 orang yang ditangkan pihak kepolisian Malaysia terkait insiden pembunuhan ini. Empat orang tersebut terdiri dari 2 perempuan dan 2 laki-laki. Dua perempuan diantaranya berasal dari Vietnam dan Indonesia. Dan 2 laki-laki tersebut berasal dari Malaysia dan Korea Utara.

Terlibatnya WNI dalam kasus pembunuhan ini tentu membuat Indonesia menjadi heboh. Pihak otoritas Malaysia mengungkapkan namanya adalah Siti Aisyah. Dia ditangkap di sebuah hotel area Ampang pada Kamis, 16 Februari dini hari kemarin. Aisyah ditangkap karena wajahnya tertangkap di kamera.

Pemerintah Indonesia memiliki dugaan yang kuat bahwa Aisyah hanyalah boneka yang digunakan untuk membunuh Jong Nam. Kapolri Jendral Tito Karnavian menyatakan bahwa Aisyah ditipu seolah sedang dalam acaara reality show layaknya ‘Just For Laugh’.

Fakta Menarik Tentang Pembunuhan Kim Jong Nam

1. Dugaan Kuat, Pelakunya Adalah Adik Tirinya Kim Jong Un

Ada hal menarik dari pembunuhan Kim Jong Nam. Yaitu Pemerintah Amerika Serikat dan juga Pemerintah Korea Selatan memiliki dugaan kuat bahwa pelakunya adalah adik tirinya sendiri Kim Jong Un.

Aidan Forster carter selaku peneliti dari Universitas Leeds Inggirs menyatakan pembunuhan menggunakan racun seperti itu sudah wajar dilakukan oleh Korea Utara. Karena memang cara tersebutlah yang sering digunakan pihak Korut dalam melancarkan aksinya.

2. Kim Jong Un Pernah Mencoba Membunuh Kakak Tirinya

Dugaan tersebut bukan tanpa alasan. Pasalnya 5 tahun lalu, tepatnya pada tahun 2012, Kim Jong Un sudah pernah mencoba membunuh kakak tirinya sendiri, Jong Nam. Jong Un mengirim agen untuk membunuh Jong Nam dengan menabrak mobil Jong Nam. Namun usaha tersebut gagal, karena nyawa Jong Nam masih bisa diselamatkan.

Banyak spekulasi megenai kenapa Jong Un mengeluarkan perintah pembunuhan attas kakaknya tersebut. Dan dugaan terkuat adalah Jong Nam mengkritik negaranya sendiri yang dipimpin adik tirinya tersebut.

Memang Jong Nam memiliki sifat yang lebih terbuka daripada Jong Un. Jong Nam banyak bercerita kepada media ketika sedang diwawancarai di Jepang.

3. Terjadi Kesamaan Pada Lil Il-Nam

Operasi pembunuhan yang dilancarkan juga terjadi pada keluarga Kim Jong Il. Dia adalah Lil Il nam. Li adalah sepupu dari mantan istri Kim Jong Il, pemimpin Korea Utara Kedua.

Pada tahun 1982, Li bersekolah di Eropa. Lalu ketika ia lulus ia lebih memilih untuk tinggal di negara musuh dari Korea Utara yakni Korea Selatan.

Lalu pada Februari 1997, Li ditembak oleh penembak misterius di depan rumahnya di Seoul, Korea Selatan. Namun Li masih bisa diselamatkan walaupun akhirnya ia harus memiliki bekas luka tembak. Sebelum kita beranjak mari kita lihat Profil Kim Jong Nam.

Profil Kim Jong Nam

Nama Kim Jong Nam / 김정남
Jenis Kelamin Pria
Kebangsaan Korea Utara
Lahir Pyongyang, 10 Juni 1970
Meninggal Malaysia, 13 Februari 2017 (Umur 46)
Istri
  • Shin Jong Hui
  • Lee Hye Kyong
Anak 6 termasuk Kim Han Sol
Kediaman
  • Macau
  • Singapura
  • Malaysia
Keluarga
  • Kim Jong Il (Ayah)
  • Song Hye Rim (Ibu)
  • Kim Il Sung (Kakek)
  • Kim Jong Un (Saudara Laki-Laki)
  • Kim Sul Song (Saudara Perempuan)
  • Kim Jong Chul (Saudara Laki-Laki)

Biografi Kim Jong Nam

Kim Jong Nam lahir di Pyongyang Korea Utara pada 10 Juni 1970. Ayahnya adalah seorang pemimpin Korea Utara kedua yakni Kim Jong Il, dan Ibunya adalah Song Hye Rim seorang aktris.

Untuk beberapa tahun ia disembunyikan. Karna memang hubungan ayah dan ibunya tidak direstui kakeknya yakni Kim Il Sung selaku pemimpin Korea Utara pertama.

Ketika Jong Nam berumur 5 tahun, barulah dia diperkenalkan kepada kakeknya Il Sung. Akhirnya Kim Jong Il pun menikahi Song Hye Rim. Namun rumah tangga mereka harus kandas karena Hye Rim ingin hidup menyendiri.

Jong Nam ketika kecil hanya bisa menghabiska waktu yang ia miliki dengan kerabt ibunya di Pyongyang. Ketika ia sudah berusia 8 tahun, dia pun dibawa ke Moskow, Rusia.

Pada saat itu, hubungan antara Rusia dan Korea Utara cukup baik karena mereka sama sama berlandaskan ideologi Komunis.

Masa muda Jong Nam ia habiskan dengan berpindah-pidnah sekolah internasional di Moskow dan Jenewa. Selama disana, Jong Nam belajar bahasa Jerman, Perancis, dan juga sudah fasih berbahasa Inggris.

Pada tahun 1988, ia pun pulang ke Pyongyang. Ia pun bergabung dengan pemerintahan dengan menjadi kader Kementrian Keamanan Rakyat.

Sejak ia kecil, ia memang sudah dipersiapkan untuk menggantikan ayahnya sebagai pemimpin Korea Utara. Hingga terjadilah kasus Disneyland.

Dimana Jong Nam harus ditangkap oleh pihak Bandara Internasional Narita. Penangkapan tersebtu dikarenakan Jong Nam menggunakan passport palsu dengan kebangsaaan Republik Dominika.

Ia berencana berlibur bersama istrinya, pengasuh anaknya, dan anaknya yang berumur 4 tahun ke Disneyland. Namun karena ia ditangkap oleh pihak Bandara, maka ia pun harus di deportasi ke negara asalnya yakni Korea Utara melalui Beijing.

Dikarenakan ayahnya merasa dipermalukan atas kejadian tersebut, Jong Nam harus menjalani masa pengasingan sejak tahun 2001. Bukan menyesalinya, justru Jong Nam suka dengan hidup penuh kebebasan tersebut.

Seluruh hayat hidupnya digunakan untuk berpindah pindah adari Tiongkok sampai Makau.. Ibunya hidup di Moskow hingga akhirnya meninggal dunia. Jong Nam sering menziarahi kubur ibunya di Moskow.

Jong Nam dikenal sebagai sosok yang periang, penjudi dan juga Playboy. Selama masa hidupnya, dikutip dari wikipedia ia memiliki 2 orang istri dan 1 perempuan simpanan. Dan ia pun memiliki 6 orang anak.

Hubungan Antara Kim Jong Nam dan Kim Jong Un

Hubungan diantara kedua kakak beradik ini ternyata cukup tidak baik. Walaupun mereka memiliki ayah yang sama, mereka jarang sekali bertemu langsung secara pribadi.

Karena memang cara Kim Jong Il membesarkan anak mereka yaitu dengan membesarkan mereka di tempat yang berbeda. Hal itu dilakukan untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan.

Bahkan ketika Ayah mereka Kim Jong Il meninggal dunia, mereka pun tidak bertemu. Walaupun mereka berada di pemakaman yang sama, namun mereka tidak bertemu.

Pengacara di Korea Selatan mengatakan bahwa Kim Jong Un pernah mengeluarkan perintah pembunuhan terhadap kakak tirinya sendiri. Namun upaya pembunuhan tersebut gagal, dan Jong Nam masih bisa hidup.

Seorang pengacara bernama Kim Byung Kee mengemukakan alasan kenapa Jong Un mengeluarkan perintah pembunuhan tersebut. Hal tersebut karena Kim Jong Un tidak menyukai Kim Jong Nam.

Namun sejumlah pengamat politik mengemukakan hal yang berbeda kenapa Jong Un mengeluarkan perintah pembunuhan atas kakak tirinya sendiri itu. Mereka yakin bila Kim Jong Nam masih hidup dapat menggulingkan rezim pemerintagan Kim Jong Un.

Setelah percobaan pembunuhan tersebut, Kim Jong Nam tidak pernah menetap di suatu tempat untuk waktu yang lama. Ia berpindah-pindah tempat dari Asia hingga Tiongkok.

Ia lebih banyak menghabiskan waktu di Beijing karena pihak China sendiri melindungi dirinya. Karena pihak China sendiri yakin bila rezin pemerintahan Kim Jong Un jatuh, maka Kim Jong Nam lah yang akan meneruskan rezim pemerintahan Korea Utara.

Demikianlah informasi mengenai fakta menarik, biografi Kim Jong Nam dan juga Profil Kim Jong Nam. Terdengar kabar setelah Jong Nam meninggal, nyawa anaknya Kim Han Sol juga dalam bahaya. Entah kabar tersebut benar atau tidak, kita hanya bisa menunggu.

 

Kata Kunci Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *